Wajib Baca, Inilah Azab Kubur Orang Yang Suka Berhutang Tapi Tidak Pernah Di Bayar

Didalam kehidupan kita, kebanyakan manusia tidak pernah ada yang lepas dari yang namanya hutang – piutang, sebab ibarat roda berputar kadang kita diatas dan kadang kita dibawah, dan di saat kita sedang dibawah atau kondisi sulit terpaksa kita meminjam uang untuk mencukupi kebutuhan hidup.

hutang – piutang adalah sesuatu yang di perbolehkan, namun tetap di wajibkan untuk ekstra hati – hati, karena gara – gara hutang bisa mengantarkan seseorang ke dalam surga dan sebaliknya juga bisa mengantarkan seseorang ke dalam api neraka.

Meskipun berhutang itu boleh, hanya saja dalam agama Islam menyuruh umatnya agar menghindari hutang semaksimal mungkin jika ia mampu membeli dengan tunai atau tidak dalam keadaan kesusahan ekonomi. Karena menurut Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, hutang itu dapat menimbulkan pengaruh buruk dan bencana bagi pelakunya di dunia dan akhirat. Diantaranya:

  1. Hutang merupakan penyebab kesedihan di malam hari, dan kehinaan di siang hari.
  2. Hutang dapat membahayakan akhlaq. Maksudnya dapat menimbulkan perilaku yang buruk bagi orang yang suka (hoby) berhutang, seperti suka berdusta dan ingkar janji.
  3. Tanggungan Hutang Yang Dibawa Mati Tidak Akan Diampuni Oleh Allah Pada Hari Kiamat.
  4. Orang Yang Mati Dalam Keadaan Memiliki Hutang Akan Terhalang Dan Tertunda Dari Masuk Surga.
  5. Pahala Kebaikan Orang Yang Mati Dalam Keadaan Berhutang Akan Menjadi Tebusan Bagi Hutangnya Pada Hari Kiamat.

Dan bahaya berhutang akan semakin dahsyat apabila terkandung di dalamnya unsur riba (baca: bunga) meskipun hanya sedikit, 0,1 %. Atau bilamana seseorang ketika berhutang kepad orang lain, di dalam hatinya ia telah berniat tidak akan melunasi hutangnya, atau sengaja mengulur-ulur pelunasan hutangnya yang telah jatuh tempo. Karena perbuatan semacam ini adalah bentuk kezholiman kepada orang lain yang akan membinasakan pelakunya dan menjadi kegelapan baginya pada hari Kiamat.

Semoga Tuhan melindungi kita semua dari bahaya berhutang di dunia dan akhirat. Dan semoga Tuhan melimpahkan kepada kita rezeki yg lapang, halal dan berkah…

Baca juga berita menarik lain nya :

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *